News

Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL) Pusat menggelar International Conference on Local Languages (ICLL) di Universitas Warmadewa, Bahas Strategi Ilmiah Penguatan Bahasa Lokal

Jumat, 17 Feb 2023

Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL) Pusat menggelar International Conference on Local Languages (ICLL) pada Jumat (17/2/2023) di Universitas Warmadewa. ICLL perdana ini menghadirkan empat keynote speaker alias pembicara kunci dari menteri hingga akademisi internasional. Ada pula lima invited speaker atau pembicara undangan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga akademisi ternama di bidang linguistik, sastra, dan budaya.

Pada kesempatan ini pula, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, IGA Bintang Darmawati memberi pidato ilmiahnya secara virtual. Bintang Puspayoga membeberkan peran penggunaan bahasa ibu dalam konteks pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga khususnya anak.

Dua pembicara kunci lainnya adalah akademisi yang bermarkas di Amerika Serikat seperti Prof Clifton L Pye dari University of Kansas dan Prof Natalia M Filimonova dari University of Missouri. Sedangakan satu pembicara kunci lain berasal dari Jepang yakni Prof Yoshiko Kubota dari Waseda University.

Reporter : Ngurah Ratnadi
Videographer : Wayan Arfian
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3k6yJiy

video terkait