Feature

Ngarap Kreasi Lomba Baleganjur KNPI - Klungkung Youth Fest 4 : 'SEKAR AYU' ST Dharma Guna Paramitha

Senin, 27 Jun 2022

Penata Karawitan : I Komang Adi Saputra, S.Sn

Melihat dari pembendaharaan kata, sakar ayu bisa dibagi menjadi dua unsur makna, yaitu sekar dan ayu yang berarti bunga yang sangat cantik.

Mengisahkan dari seorang anak perempuan yang wafat diusia muda, dan perempuan tersebut memiliki kelebihan atau sering disebut manusia indigo(melik) dari sekian manusia yang ada dimuka bumi ini, tidak semua orang yang mempunyai hal yang sama. Dalam kepergian perempuan tersebut membawa aura mistis dan berbau wangi, begitu pula saat meninggal, perempuan tersebut senyum dan kelihatan sangat cantik, seolah0olah meminta keluarga untuk ikhlas. Dari sanalah penata terispirasi dan membentuk sebuah imajinasi untuk mengangkat peristiwa tersebut menjadikan sebuah garapan baleganjur.

Dalam garapan ini penata menggunakan barungan baleganjur yang sudah disesuaikan oleh panitia ada pun bagian pengawit, pejalan, batel, Jaepong, dan Penyuwud.

video terkait

Lomba Balaganjur Pesta Kesenian Bali - PKB XLIV 2022 - Duta Kabupaten Karangasem, Komunitas Seni Dwaja Ancala

Ide Cerita : Ida bagus Dharma Wibawa PutraKomposer : I Putu Angga WijayaPenata Gerak : I Gusti Agus Putu WirnawaKoreografer : I Wayan Wira ArimbawaBalaganjur Kabupaten Karangasem "MAKEKOBOK"Makekobok adalah merupakan tradisi ritual yang dilaksanakan di Air Campuhan dan di tempat suci Pancoran "Beji Solas" yang ada di Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Makekobok mengandung makna penyucian diri, melebur sehananing mala leteh ring angga sarira. Dalam prosesnya, melalui ritual matur piuning, melukat dan ngelungsur air suci / tirtha, sehingga si anak secara niskala benar-benar dianggap bersih dari Desa Mala, serta diijinkan untuk diajak memasuki kawasan suci Kahyangan di Desa Adat Duda.Adanya berbagai ekspresi muncul pada diri si anak saat prosesi Makekobok, terlihat euforia, gerak-gerik yang kocak / lucu serta segala bentuk fenomena dan nilai yang terkandung dibalik tradisi Makekobok menjadikan inspirasi yang dominan untuk terciptanya garapan Kreasi Baleganjur yang diberi judul "Makekobok". Tak kalah pentingnya keyakinan dari krama masyarakat Desa Adar Duda, bahwa apabila tradisi ini tidak dilaksanakan, si anak akan selalu mendapat gangguan atau godaan-godaan dari butha - buthi perancangan Ida Bhatara.Muara akhirnya, tentulah harapan untuk tetap terjaga ajegnya tradisi Makekobok dengan memanfaatkan sarana utama air Campuhan dan air suci Pancoran "Beji Solas". Hal ini juga mengisyaratkan makna bahwa air memilik multi fungsi yang sangat penting dalam kehidupan, sehingga kita semua hendaknya wajib untuk selalu menjaga, mengagungkan serta memuliakan air sebagai sumber kehidupan, sebagaimana terungkap dalam makna Seloka "Danu Kerthi Huluning Amertha".#pestakesenianbali #PKBXLIV #PKB2022 #Balaganjur #Baleganjur #LombaBalaganjur #LombaBaleganjur #Tabuh #TabuhKreasi #KarawitanBali