News

Peringatan 1000 Tahun 'Sahasra Warsa Batuan' Ditulisnya Prasasti Baturan, Krama Desa Batuan, Sukawati

Senin, 19 Dec 2022

Dalam rangka memperingati 1.000 tahun atau Sahasra Warsa ditulisnya Prasasti Baturan, krama Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali merayakannya dengan pementasan tarian sakral Tari Rejang Sutri, Minggu 18 Desember 2022.

Sahasra Warsa Batuan adalah rangkaian acara peringatan seribu tahun ditulisnya Prasasti Baturan. Prasasti Baturan adalah sebuah prasasti kuna yang hingga saat ini disucikan di Pura Puseh Desa Adat Batuan berangka tahun 944 Isaka atau 1022 Masehi yang dianugrahkan oleh Raja Bali ke X Srie Aji Marakata dalam 7 lembar lempengan tembaga yang bercerita tentang kehidupan.

Tujuan utama dari rangkaian perayaan Sahasra Warsa Batuan adalah lebih kepada wujud syukur kepada Tuhan / Sang Hyang Widhi Wasa atas segala anugrah kebudayaan yang melimpah. Diakui maupun tidak, Sebagian besar masyarakat Batuan hidup dari sektor budaya. Pariwisata adalah bonus dari setiap upaya pelestarian budaya yang dilakukan. Hampir semua bidang kesenian di Batuan ada dan sangat banyak para perajin yang hingga saat ini masih berkarya. Selain itu, tujuan dari Sahasra Warsa Batuan adalah memberikan ruang ekspresi kepada setiap perajin/seniman dan masyarakat Batuan untuk berbahagia karena tanggung jawab pelestarian telah dilakukan oleh para leluhur kita hingga generasi kita.

Videographer : Windu Swastika

video terkait