News

Komunitas Prapen Keris Batuan Pertontonkan Proses Menempa Keris Dalam Puncak Event Sahasra Warsa Batuan

Rabu, 28 Dec 2022

Dalam acara puncak Sahasra Warsa Batuan 26 Desember 2022 pengerajin keris sudah mencapai proses penempaan keris. Keris menjadi senjata yang sangat populer di Indonesia, khususnya Pulau Jawa bali. Diperkirakan keris sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak abad ke-9. Terbukti dari beberapa kisah tradisional, seperti Ken Arok dan Ken Dedes. 

Berbahan besi, nikel, dan baja, warangka model Sesengeratan dengan tempelan kayu Timoho. Selain memeriahkan dekorasi dengan keris kembar, juga dibuat keris pusaka on the spot di depan Batuan Art Space oleh Komunitas Prapen Keris Bali. Jero Pande Sabar bersama Pande Sembuwuk secara langsung mempertontonkan bagaimana proses menempa di hadapan pengunjung. Juru tempa yang dilibatkan sebanyak 12 orang. Sebuah Prapen bahkan diboyong langsung ke lokasi acara. 

Untuk bahan yang dipergunakan seperti besi, nikel dan baja dan ketiga bahan tersebut adalah simbol-simbol trimurti dalam agama hindu dan untuk dibali pembuatan kris sudah banyak, didaerah gianyarpun ada 6 penempa dan masing masing mempunyai ciri khas masing masing, untuk didesa batuan sendiri ciri khasnya pada rincikan tersebut menggunakan gerinda. 

Videographer : Windu Swastika

video terkait