News

Kesenian Khas Jembrana Kendang Mebarung Yang Dipadukan dengan Makepung di Sirkuit All in One Jembrana, Jadi Atraksi Budaya Yang Unik

Rabu, 28 Dec 2022

Atraksi makepung ini juga menjadi uji coba lintasan di Sirkuit All in One yang dirancang sebagai destinasi wisata yang diiringi kesenian kendang mabarung.

Kendang Mebarung adalah salah satu jenis gamelan Bali yang termasuk barungan (Ensemble musik) langka yang terdapat di daerah Jembrana, yang juga merupakan daerah asal gamelan Jegog dan Gebyog. Alat musik kendang mebarung ini hampir sama dengan kesenian Bali lainnya namun perbedaan terlihat dari ukuran kendangnya yang besar dan memiliki nilai sejarahnya tersendiri.

Kendang mabarung yang dipadukan dengan makepung di Sirkuit All in One, merupakan salah atraksi budaya yang unik. Ke depannya, kendang mabarung yang juga hanya ada di Jembrana, ini akan diberikan ruang agar dapat dengan mudah dikunjungi oleh wisatawan. Sirkuit All In One Pengambengan yang memiliki nilai plus view pantai, ini merupakan bukti nyata Pemkab Jembrana memberikan wadah yang representatif untuk pusat pementasan seni budaya. Di samping juga menjadi nilai plus sebagai destinasi wisata. 

Reporter : Gusde
Videographer : Ngurah Ebi
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3YVX1eP

video terkait