News

Atraksi Makepung Tampil Dalam Serangkaian Acara Akhir Tahun dan Peresmian Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Jembrana

Rabu, 28 Dec 2022

Berbagai atraksi budaya ditampilkan serangkaian acara akhir tahun dan peresmian Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana. Teranyar, di areal sirkuit yang baru saja dipelaspas pada Soma Umanis Sungsang, Senin (26/12), ditampilkan atraksi makepung yang diiringi kesenian kendang mabarung pada Selasa (27/12).

Dalam atraksi makepung yang juga bertujuan untuk uji coba lintasan makepung di Sirkuit All  in One, ini menampilkan 20 pasang kerbau. Terdiri dari 10 peserta dari Sekaa Ijo Gading Barat dan 10 peserta dari Sekaa Ijo Gading Timur. Pacuan 20 pasang kerbau tersebut diiringi suara pukulan kendang mabarung sebagai pembangkit semangat para joki makepung.

Menariknya, selain diiringi kendang mabarung, ada sedikit perbedaan dalam atraksi makepung yang ditampilkan di Sirkuit All in One. Perbedaannya, untuk alat yang digunakan memacu kerbau, tidak menggunakan kayu penyalin berpaku. Namun hanya menggunakan pecut. Hal itu bertujuan untuk menampilkan atraksi makepung yang lebih humanis bagi wisatawan.

Reporter : Gusde
Videograhper : Ngurah Ebi
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3YVX1eP

video terkait