Feature

Ogoh-Ogoh Bayi Jumbo 'Jabang Tetuka' Terinspirasi dari Kisah Bayi Sakti Gatotkaca Karya Sekaa Teruna Windhu Sari di Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal Tengah

Kamis, 09 Feb 2023

Ogoh-ogoh big size ini baru pertama kali digarap oleh Banjar Batanbuah. Sebab, merupakan bentuk ‘balas dendam’ setelah tiga tahun vakum tanpa pengarakan ogoh-ogoh. Oleh karena itu, tahun ini dibuat lebih jor-joran utamanya dari segi ukuran.

Ogoh-ogoh bayi Gatotkaca ini didesain dengan pose duduk menyilangkan kaki selayaknya posisi duduk bayi manusia. Lebar kanan-kiri dibuat 4 meter, namun jarak antara pantat bayi dan ujung kaki yang bersilangan adalah 6 meter. Jarak depan-belakang ini hampir menyaingi tingginya sendiri.

Alasan Jabang Tetuka dibuat terhitung tidak super jangkung adalah kriteria lomba yang membatasi tinggi ogoh-ogoh. Oleh karena itu, kesan big size-nya dibuat melingkar dengan look yang super tambun alias gembrot selayaknya bayi yang terlahir sehat dan perkasa. Alih-alih jumbonya ogoh-ogoh bayi Gatotkaca ini, semuanya dibuat penuh tanpa modul.

Reporter : Ngurah Ratnadi
Videographer : Ngurah Ebi
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3jFxO8q

video terkait