Feature

Ogoh-Ogoh ‘Kali Citta Pralaya’ Garapan Sekaa Teruna Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya Representasikan Dunia yang Tengah Dilanda Konflik dan Penderitaan Akibat Perang dan Keserakahan

Kamis, 16 Feb 2023

Sekaa Teruna Tunas Muda dari Banjar Dukuh Mertajati, Desa Pakraman Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan tengah menyiapkan kejutan berupa ogoh-ogoh yang merespons situasi geopolitik terkini yakni getir peperangan dan keserakahan. ST Tunas Muda merupakan juara bertahan kompetisi ogoh-ogoh se-Bali Kota Denpasar. Sejak tahun 2015, sekaa teruna yang bermarkas di persimpangan Jalan Sidakarya dan Jalan Bedugul ini konsisten membuat action figure raksasa yang tidak biasa.

Ketika kompetisi ogoh-ogoh ada, bermula pada tahun 2019, ST Tunas Muda konsisten menduduki podium tiga besar ogoh-ogoh se-Kota Denpasar. Sang Bhuta Wingkara (2019) tentang neraka, Pangadangngadang (2020) soal siklus kehidupan, dan Gerubug (2022) berkenaan respons terhadap pandemi adalah sederet karya fenomenal. 

Pada tahun ini konsep yang diangkat dicetuskan oleh maestro ogoh-ogoh ST Tunas Muda yakni Made Putra alias Bobic. Banyak berita di media berseliweran soal konflik bersenjata yang terjadi di penjuru dunia. Peperangan akibat pemimpin yang serakah ini meninggalkan getir bagi korban perang yakni rakyat jelata.

Reporter : Ngurah Ratnadi
Videographer : Wayan Arfian
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3YYVgwm

video terkait