Feature

Ogoh-ogoh Kala Maya Tattwa - Sekaa Teruna Dharma Cita dari Banjar Abian Kapas Tengah, Desa Adat Sumerta Comeback Ikuti Ajang Lomba Ogoh-ogoh, Pernah Sandang Juara 2 Provinsi

Selasa, 28 Feb 2023

Sekaa Teruna Dharma Cita dari Banjar Abian Kapas Tengah, Desa Adat Sumerta, Denpasar Timur comeback pada ajang lomba ogoh-ogoh setelah vakum sejak 2020 pasca menyandang Juara 2 Provinsi Bali. Pada saat itu, ST Dharma Cita hadir dengan konsep percintaan bertajuk Katattwaning Semara Reka. Berselang tiga tahun kemudian yaitu tahun ini, konsep berbinar itu digantikan nuansa yang lebih gelap yakni ogoh-ogoh berwujud raksasa penguasa waktu.

Ogoh-ogoh yang digarap ST Dharma Cita mengusung konsep big size dengan paduan teknologi. Tajuk yang diangkat adalah Kala Maya Tattwa yang terinspirasi dari naik turun kehidupan di Kota Denpasar sejak sebelum pandemi hingga di masa sekarang.

Undagi (arsitek) Kala Maya Tattwa sekaligus Wakil Ketua ST Dharma Cita, Dwiaga Yogiswara, 23, memaparkan dinamika naik turun kehidupan itu divisualisasikan ke dalam bentuk Sang Maha Kala. Sosok ini adalah penguasa waktu yang digambarkan sebagai raksasa kejam dan tidak bisa dilawan.

Reporter : Ngurah Ratnadi
Videographer : Wayan Arfian
Artikel selengkapnya : https://bit.ly/3KC42g1

video terkait