News

Ogoh-Ogoh Cupak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI Telah Rampung dan Siap Diikutsertakan Dalam Rangkaian Upacara Palebon Cokorda Pemecutan XI

Selasa, 18 Jan 2022

Ogoh-Ogoh dalam rangka palebon Ida Cokorda Pemecutan XI siap diikutsertakan dalam rangkaian upacara palebon Cokorda Pemecutan. Ogoh-Ogoh yang dibuat Jero Tainsiat akan dibawa ke Puri Pemecutan Selasa (18/1/2022) , sebelum melakukan prosesi mapeed mengitari empat Catus Pata (perempatan) di Kota Denpasar.

Adapun empat Catus Pata yang akan dilewati Ogoh-ogoh karya Jero Tainsiat dimulai dari  Catus Pata Jalan Thamrin, Catus Pata Patung Jalan Gajah Mada (Catur Muka), Catus Pata Suci (Jalan Hasanudin), dan terakhir Catus Pata di depan Puri Pemecutan.

Pembuatan Ogoh-Ogoh Cupak mulai dikerjakan pada 28 Desember 2021. Setelah melakukan rapat internal, Jero Tainsiat mengundang maestro Ogoh-Ogoh Banjar Tainsiat, Komang Gede Sentana Putra (Kedux Garage) untuk membantu membuat sketsa Ogoh-Ogoh. 

Dengan pertimbangan agar tidak menciptakan kerumunan di Jero Tainsiat pada saat proses pembuatannya, Ogoh-Ogoh akhirnya dibuat di Tampaksiring dengan menggandeng seniman Ogoh-Ogoh Gianyar, Ida Bagus Nyoman Surya Wigenam (Gusman).
 
Reporter : Suryadi
Videographer : Wayan Arfian
Artikel selengkapnya : http://bit.ly/3iNoOh4

video terkait